Jumat, 24 Oktober 2014

Touch Screen

1. Resistive Screen
Layar jenis ini dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif yang mudah menghantarkan sinyal listrik dan resistif  yang artinya menahan arus listrik. Teknologi touchcreen resistive ini memanfaatkan gaya tekan terhadap layar sehingga input bisa diterima. resistive sendiri berasal dari resistance yang artinya gaya tahan. artinya jenis touchscreen ini mengandalkan tekanan yang diberikan pada layar. oleh karena itu selain bisa menggunakan jari jenis layar ini pun biasanya bisa menggunakan pen stylus atau alat bantu tekan pada jenis layar ini. Jenis screen ini cocok sekali untuk handwriting recognition (pengenal tulisan tangan). Kekurangan dari resistive screen ini tidak bisa multi touch, ditekan dua tempat sekaligus bersamaan.
2. Capacitive Screen
Teknologi layar sentuh ini memanfaatkan gaya konduktif suatu benda, karena jenis layar ini dibuat dari bahan yang konduktif (bisa menghantarkan listrik). tentu saja layar ini bisa merespon sentuhan jari manusia tanpa perlu susah menekan lebih keras karena tubuh manusia bersifat konduktif. layar ini pun bisa digunakan dengan stylus khusus yang bersifat konduktif. keunggulannya layar ini mendukung multitouch dimana kita bisa menyentuh dengan dua jari sekaligus atau lebih sehingga bisa mendukung fitur pinch to zoom (zoom cubit). Capacitive screen ini tidak berpengaruh jika kondisi layar kotor, dan layar ini mendukung multi touch. Sayangnya harga layar capacitive ini lebih mahal. tetapi tipe layar inilah yang saat ini lebih banyak digunakan karena dianggap lebih canggih.
3. Surface Acoustic Wave System
Untuk mendeteksi di atas permukaan layarnya, jenis touchscreen ini menggunakan gelombang ultrasonik. Pada monitor touchscreen-nya terdapat dua tranduser yang terdiri dari pengirim dan penerima ultrasonik. Kemudian dilengkapi reflektor untuk mencegah gelombang ultrasonik tetap berada pada area layar monitor.
Survace Acousric Wave System menggunakan lapisan kaca, sehingga tampilan layar touchscreen-nya mampu meneruskan cahaya hingga 90%, sehingga membuatnya menjadi lebih jernih. Apabila terdapat debu atau benda lainnya yang menempel di atasnya, maka akan mendeteksi sebagai suatu sentuhan. Jenis touchscreen ini cocok digunakan pada ruangan training komputer, karena dapat menampilkan informasi dengan sangat jernih dan tajam saat melakukan presentasi.
4. Multi Touchscreen
Keunggulan layar sentuh ini mampu disentuh oleh puluhan jari dari orang yang berbeda-beda secara bersamaan. Layar ini dapat digunakan untuk membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi objek pada layar monitor seperti foto atau games. Layar ini biasa digunakan pada handphone, komputer, MP3 player, dan sebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar